About

@januartiP

Jumat, 17 Maret 2017

Scaling Gigi RSKGM Bandung

Hallooo.. Lama gak posting di blog. Sekarang, seringnya posting random di tumblr. Oke, kali ini saya akan berbagi pengalaman. Kebetulan bulan lalu saya habis Scaling gigi di RSKGM Bandung. Apa itu scaling? Scaling atau pembersihan karang gigi dilakukan oleh dokter gigi untuk menghilangkan atau membersihkan kalkulus dan plak yang menumpuk pada gigi.




Sampai disana sekitar pukul 9 pagi. Kebetulan, saya baru pertama kali Scaling di RSGM Bandung. Kesan kali pertama kesini biasa sih. Saya bingung. Semua orang begitu sibuk. Lalu kemudian ada Ibu-Ibu yang sepertinya peka bahwa saya sedang kebingungan. 
"Neng, pasien baru?"
"Iya, Bu. Ini kemana dulu, ya?"
"Oh, ke dalam dulu. Bilang sama suster yang ada di depan lift. Isi data dulu disana."
"Oh, iya. Makasih Bu."
Bergegaslah saya untuk ke dalam menghampiri suster yang Ibu tadi arahkan. Disitu saya mengisi data dan diperiksa dulu; tensi, tinggi badan, berat badan, dll. Kemudian saya diarahkan untuk ambil nomer antrean. Seharusnya sih setelah sampai saya langsung mengambil nomor antrean. Karena saya kebingungan dan security disanapun pada sibuk saya nyelonong masuk aja langsung. Jadi, buat teman-teman diusahakan datang awal sekitar jam 7-an. Biar nomor antreannya belum begitu panjang.

Setelah mengantri sekitar satu jam setengah atau dua jam-an, akhirnya saya antrean saya dipanggil untuk kebagian pendaftaran. Mengisi data lagi. Kemudian saya diarahkan untuk ke lantai 2 gak tau lantai 3, saya lupa. Hahaha. Sesampainya dilantai 2 jengjeng... Udah numpuk banget pasien disana. Sayapun berdiri karena tidak kebagian tempat duduk untuk menunggu.

Gak lama, sekitar 10-15menit nama saya dipanggil. Sedikit bengong, kok saya cepet amat dipanggilnya, sedangkan pasien yang sudah menunggu daritadi masih menumpuk banyak. Dan untuk pasien yang akan scaling hanya sedikit. Masuklah saya keruangan scaling ditangani oleh dokter perempuan. Sebelum dilakukan tindakan, saya diberitahu sebelumnya oleh suster didalem ruangan bahwa tarif scaling rahang atas dan bawah itu Rp. 250.000.

(Saya lupa foto papan tarifnya, jadi saya cari di google. Hehe.)
Ditindaklah saya sekitar 30 menit. Selama discaling lumayan sakit, sih. Ditambah suara mesinnya yang bikin ngilu. Nah, setelah sejam setelah ditindak barulah kerasa nyeri. Rasanya semua gigi mau pada lepas semua. Tapi tenang, dikasih resep obat kumur untuk pereda sakit, kok. Tapi tetep, gak bisa makan seharian. Hahaha.

Okay, kayaknya segitu aja saya berbagi pengalam Scaling gigi di RSGM Bandung. Kalau ada yang mau ditanyakan, tinggalkan komentar saja di kolom komen, ya! See u!
Jangan lupa periksa gigi tiap 6 bulan sekali. Sehat itu nikmat. Sakit itu mahal. :p

Rincian biaya:
Pendaftaran pasien baru Rp. 10.000,- 
Pemeriksaan Dokter Gigi(Root Planning) Rp. 250.000,- 
Obat Rp. 40.000,- 
Total: Rp. 300.000,-

4 komentar:

  1. Kalo di daftar harga itu 120k per rahang ya, bisa dipilih kan kalo kita mau dibersihin hanya salah satu rahang? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo.. iya bisa kok :) cuma biasanya dokter minta dua duanya dibersihin..

      Hapus
  2. mulai dipanggil pasiennya dari jam berapa ya? antri nya sekitar 2jam?

    BalasHapus

Boleh kok isi kotak komentar berupa kritik dan saran. :)