About

@januartiP

Sabtu, 12 Oktober 2013

#MimpiKAWANCUT: "Gue Jadi Penulis Besar!!"

Udah dari 5 tahun lalu gue mulai ketagihan dengan membuat cerita fiksi di blog maupun di word gue. Gue mulai asik dengan dunia khayal gue sendiri. Awalnya gue coba-coba buat cerita pendek (cerpen). Ya walaupun masih amburadul (acak-acakan). Lumayanlah buat baca-bacaan ataupun tugas Bahasa Indonesia anak SD hehehe. Setelah gue ngerasa bosan dengan gaya cerita gue yang gitu-gitu aja akhirnya gue mencoba ke tingkat yang lebih tinggi. Gue mau nyoba bikin sebuah novel remaja. Untuk bikin sebuah novel emang gak gampang, kita harus punya banyak waktu dan yang paling penting kita harus punya banyak ide.

Waktu kecil gue bilang ke nyokap gue "Mah, aku mau jadi penulis kaya Raditya Dika, biar uangnya ngalir terus tiap cetak buku", "Mah, aku mau jadi penulis biar ngasih manfaat positif buat banyak orang", "Mah, jadi penulis itu enak loh cuma modal ide sama niat doang", "kalau udah jadi penulis terkenal nanti buku-buku ku tertata rapi di toko buku". Dan ternyata nyokap gue cuma nyengir doang.
Ternyata nyokap gue gak setuju kalau gue jadi penulis. Dia inginnya gue jadi pekerja kantoran, tepatnya sih jadi akuntan. Gue mulai galau. Ternyata cita-cita gue gak didukung sama nyokap. Gimana mau terwujud kalau gak ada doa dari seorang ibu? Yang utama kan doa restu dari orang tua.
Dari situ gue mulai berhenti nulis, saat itu gue pikir untuk apa gue nulis sampe berapa banyaknya pun nyokap gue gak akan setuju kalau gue jadi penulis. Tiap hari gue mikir keras gimana caranya biar nyokap gue setuju dan dukung gue jadi seorang penulis. Berbagai cara udah gue lakuin untuk ngambil hati nyokap gue supaya gue didukung untuk terus nulis dan akhirnya jadi penulis, tapi hasilnya tetep sama. Nyokap gue gak setuju sama keinginan gue, dia lebih ngedukung gue untuk jadi seorang akuntan.

Suatu hari gue lagi mood banget untuk nulis, dan disitu nyokap gue bilang "cari pengalaman atuh kirim ceritanya ke koran kek". Otak gue tiba-tiba berputar lebih cepat, apa yang gue denger tadi bener atau engga. Gue ngelirik ke arah nyokap gue dan gue langsung bilang "gimana nanti mau lancar kalau gak ada dukungan". Terus nyokap gue bilang "baru dibilang kayak gitu udah mundur, itu biar kamu lebih serius eh malah mundur".
Gue kaget. Ternyata selama ini nyokap gue ngetes gue, apa gue bener-bener ingin jadi penulis atau cuma sekedar ingin. Gue seneng banget. Akhirnya dari situ gue rutin nulis.
 

Setahun kemudian gue berhasil menyelesaikan misi gue. Membuat novel.

Ini waktu gue seminar ngenalin hasil karya gue.

Ini sesi pertanyaan di seminar gue

Dan ini karya novel gue selama 10tahun.

 

Dan akhirnya cita-cita gue sebagai penulis terkenal sudah tercapai. Setiap gue pergi ke toko buku manapun buku gue selalu jadi bestseller dan tersusun rapi disana. Sekarang gue lagi mau ngelanjutin untuk nyelesein novel gue yang kesekian. Ya mungkin itu sedikit cerita tentang gue.
See you. :D

---------------------------------------------------------------------------------------------------
Ini adalah salah satu ke ikut sertaan gue dalam tantangan dari @KancutKeblenger #MimpiKawancut dari Kancut Keblenger.
Ini semua masih jadi mimpi gue. Tapi gue juga minta doanya semoga apa yang gue tulis disini ini bisa kealamin di kehidupan nyata gue. Dan semoga cita-cita gue sebagai penulis bisa tercapai. Amiiiinn.
---------------------------------------------------------------------------------------------------
Sumber Gambar:
http://www.google.com/imgres?start=271&client=firefox-a&hs=3TI&rls=org.mozilla:en-US:official&channel=fflb&biw=1366&bih=675&tbm=isch&tbnid=UyBuJ40Rk-oi_M:&imgrefurl=http://mashable.com/2009/09/16/write-novel/&docid=70yJaGS8J1ckzM&imgurl=http://rack.2.mshcdn.com/media/ZgkyMDEyLzEyLzA0LzZlL2hvd3Rvd3JpdGVhLmJSVC5qcGcKcAl0aHVtYgk5NTB4NTM0IwplCWpwZw/c7677c14/43e/how-to-write-a-novel-using-the-web-8d4171aca5.jpg&w=950&h=534&ei=oCFZUsGbCMT7rAe67YCICQ&zoom=1&ved=1t:3588,r:90,s:200,i:274&iact=rc&page=10&tbnh=168&tbnw=291&ndsp=33&tx=164&ty=121
http://www.google.com/imgres?start=89&client=firefox-a&hs=L8c&sa=X&rls=org.mozilla:en-US:official&channel=fflb&biw=1366&bih=675&tbm=isch&tbnid=tMX-Fq36VXSzXM:&imgrefurl=http://asfarian.wordpress.com/2011/06/03/obral-buku-buku-impor-di-bogor/&docid=x8f-7Xs7aGMrcM&imgurl=http://asfarian.files.wordpress.com/2011/06/2011-06-03-14-38-54-copy.jpg&w=1024&h=768&ei=YSFZUrvVCIWErAe7jYGoDg&zoom=1&ved=1t:3588,r:10,s:100,i:34&iact=rc&page=5&tbnh=188&tbnw=255&ndsp=25&tx=68&ty=53
http://www.google.com/imgres?start=280&client=firefox-a&hs=aQI&rls=org.mozilla:en-US:official&channel=fflb&biw=1366&bih=675&tbm=isch&tbnid=Kj0ipOSFxGMpfM:&imgrefurl=http://ciptojunaedyinfo.weebly.com/&docid=XH0_ON1w0y1sGM&imgurl=http://ciptojunaedyinfo.weebly.com/uploads/1/5/7/5/15757238/5207799_orig.jpg&w=1066&h=800&ei=ySBZUoD9H8vQrQe-xIDABg&zoom=1&ved=1t:3588,r:3,s:300,i:13&iact=rc&page=13&tbnh=189&tbnw=232&ndsp=26&tx=74&ty=57
http://www.google.com/imgres?client=firefox-a&hs=a4c&rls=org.mozilla:en-US:official&channel=fflb&biw=1366&bih=675&tbm=isch&tbnid=_uCJ7895spIL5M:&imgrefurl=http://bem.its.ac.id/menulis-menginspirasi-ala-tere-liye/&docid=_bVpHN8ad3Q9xM&imgurl=http://bem.its.ac.id/wp-content//2013/04/Poseidon-2013.jpg&w=5184&h=3456&ei=eCBZUsmhNMbDrAfTwIH4Cw&zoom=1&ved=1t:3588,r:66,s:0,i:285&iact=rc&page=3&tbnh=177&tbnw=246&start=42&ndsp=25&tx=107&ty=53

14 komentar:

  1. Wah, dari #mimpikawancut yang aku baca. ternyata profesi penulis itu banyak banget diminati ya kak. Makin banyak kompetitornya pasti harus makin bagus karyanya. Semangat ya kak semoga terkabul hehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih banyak banget pesaingnya. Amiiinn, terima kasih ya :D

      Hapus
  2. Penulis buku best-seller emang profesi idaman lah.

    BalasHapus
  3. Semoga nggak sekedar mimpi yak :D

    BalasHapus
  4. Dari menulis, gue bisa kenal dan akrab sama banyak penulis best-seller. Kayak @landakgaul, @kundilisme, @LazuardiNazar, dan masih banyak. itu yang buat gue jadi jadi lumayan rutin nulis.

    Sekarang banyak banget ya yang pengen jadi penulis, makin banyak saingannya. Semoga mimpi kamu jadi penulis best-seller bisa terwujud ya. amin. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin! Terima kasih ya. :D
      Tapi emang kemampuan menulis gue masih rendah, harus sering-sering nulis kayaknya biar kayak elo hehe.

      Hapus
    2. Ok! Jangan kayak gue, entar tulisannya menyesatkan banyak umat. Tulisan gue aja masih cupu. Sekalinya nulis malah di kecam FPI. :3

      Hapus
    3. Hahaha bisa aja lo :))
      Awalnya elo bisa jadi kayak gini gimana sih, Den?

      Hapus
    4. Awalnya dari twitter sering nge-tweet (katanya sih lucu), terus di kasih julukan "Absurd yang cerdas ala pelajar". Dari twit, tiba-tiba di ajak gabung buat nulis di www.sijuki.com (@JukiHoki). Ya, begitulah singkatnya sampe sekarang lumayang rutin nge-blog. *curhat* :))

      Hapus
  5. oke kak, aku siap jadi pembeli nomor satu bukunya kakak besok kalo udah diterbitin :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener nih? hahaha. Btw kemampuan nulis gue masih rendah, jadi untuk jadi penulis masih cukup lama. Doain deh ya hehe :)

      Hapus
  6. Lah. Jadi yang selama ini kukoleksi bukunya anak kancut juga? syit. dunia ini sempit banget.

    Btw. pas buka blog ini jadi nostalgia. Dulu sering ngasih makan ikan juga di blog orang. hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha :))
      Ngasih makan ikan gimana? Ga ngerti :D

      Hapus

Boleh kok isi kotak komentar berupa kritik dan saran. :)