Senin, 15 April 2013

Kau Teman atau Topeng?

Sewaktu SD gue menjalin suatu pertemanan adem ayem aja.. Sekiranya ada konflik ya biasa konflik anak kecil, hal kecil pasti dijadikan masalah. Contohnya gue berteman deket dengan si A. Tapi ternyata si A ini gak suka sama si B. Suatu hari gue barengan sama si B. Dan akhirnya gue dijauhi sama si A. Hahaha konyol banget gue ngingetnya. Kalian juga pasti pernah ngerasain jaman-jaman ini kan?

Sewaktu SMP juga gue menjalin pertemanan mulus-mulus aja. Menurut gue, gue baru mendapatkan dan merasakan punya temen yang selalu ada buat gue, care sama gue, asyik, yaaa seru pokonya. Gue nemuin mereka semenjak gue kelas 2 SMP. Ini dia si duo jalu Febby dan Intan/akew nama famousnya. Yah penilai gue tehadap mereka ini absurd. Iya mereka ini absurd banget. Tapi seru, asyik berteman dengan mereka.
Semenjak kita semua SMA, gue rasa pertemanan kita semakin hari semakin merenggang. Iya gue ngerasa banget perubahan disini. Ya mungkin faktor masing-masing punya temen baru kali yah. Ya entahlah. Jadi, intinya pendapat gue barusan diatas salah. Ternyata sampai saat itu gue belum mendapatkan teman yang bener-bener care dan selalu ada buat gue.
Dari situ gue mikir, ternyata semakin kita dewasa segala cobaanya jadi lebih kejam, ganas, keras.

Pernah denger "Masa SMA adalah masa yang paling indah"?
SMA. Gue ngebayangin keadaan sekarang di SMA aja udah serem banget. Temen yang bermacam-macam semakin merajalela. Dari mulai topeng bali sampai topeng jawa ada. Ya pokonya bermacam-macam topeng ada disini. Kalian pasti ngertilah apa yang gue maksud disini. Baru kelas 1 aja gue udah nemuin berbagai macam topeng. Kalau boleh jujur gue sebenernya gak kuat sama keadaan sekarang. Cuma ya apa boleh buat. Kuat ga kuat gue harus ngejalin kehidupan ini sampai 2tahun kedepan lagi. Gue bakal menunggu sampai "Masa SMA adalah masa yang paling indah" itu bener-bener gue rasain.

Terkadang gue bertanya, gimana sih rasanya punya teman yang benar-benar teman? Kapan ya gue dapetin mereka? Mereka ini sebenernya ada atau tidak ada sih? Atau mungkin mereka ini tidak ada? Terus mereka ada dimana? Di novel? Di negeri dongeng? Di film-film remaja? Terus mereka dimana?!!
Apa teman yang bisa menerima kita apa adanya, care, dan bisa menjadi pendengar yang baik itu tidak ada?!
Gue semakin berfikir. Ternyata benar, semakin kita dewasa cobaan ini juga semakin berat, semakin kejam, semakin ganas. Dalam hal pertemanan saja sudah sekejam ini apalagi dalam hal lain. Tapi, sebagaimana kejamnya kehidupan ini, kita harus tetap menghadapinya dengan dewasa. Dan gue percaya mereka itu ada.

Lalu, apakah wajah dibalik topeng itu lebih baik dari topeng yang mereka gunakan? Atau malah sebaliknya, wajah dibalik topeng itu lebih buruk dari topeng yang mereka gunakan?
Apa perlu gue buka topeng yang kalian pakai satu per satu?

Senin, 15 April 2013
Salam benci, Topeng!
-januartiP

15 komentar:

  1. ya sebenarnya gak ada orang yang gak make topeng. yakin lo sendiri gak make topeng? jangan2 malah diri sendiri yang lebih banyak koleksi topengnya. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Iya gue juga peke topeng ko, tapi gue tau waktu kapan gue harus pake topeng itu hehe.

      Hapus
  2. rasakan didunia perkuliahan dulu,baru kelihatan mana temen mana enggak..
    kalo di SMA mah masih banyak yang pikirannya seneng2,blum mikir jangka panjang.. #blogwalking

    BalasHapus
  3. Namanya juga 'Manusia'. Kalo punya yang baru, ya otomatis cepat atau lambat bakalan ngebiarin atau bahkan ngelupain yang lama. :)

    Ohiya, Kopdar KK bandung tgl 28 desember 2013 knp ga ikut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya itu kebiasaan buruk manusia gitu

      Waktu itu lagi dirumah nenek jadi gak bisa ikut, mau dateng malu euy gaada temen kenal hehe

      Hapus
    2. Ngapain mesti malu? Banyak kok yang baru juga, santai aja. Entar katanya tgl 22 februari mau kumpul lagi, ikut gih.

      Hapus
    3. Oke siap ntar datang deh kalau gak ada acara.

      Hapus
  4. Heu. Jadi inget buku kumpulan cerpen 'Istriku nggak Perawan' yang judulnya topeng.

    Saranku pake topeng juga. Pake aja topeng Singa kalo mereka nyakitin. Biar lari tunggang langgang. Heuheu.

    BalasHapus
  5. buka! buka topengnya sekarang juga! *kemudian nyanyi* #np Noah - Topeng -_- hahaha

    BalasHapus
  6. teman itu kadang seperti musuh dalam selimut sih :|

    BalasHapus
  7. semua orang juga pake topeng. but someday, bakal ada orang yg mau buka topengnya untuk kamu. orang yg akan saling memberi buat kamu. yaa temen sejati ituu

    BalasHapus

Boleh kok isi kotak komentar berupa kritik dan saran. :)